STRATEGI EKSTERNAL HUMAS PUSKESMAS JATILUHUR KOTA BEKASI DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi pemberian pelayanan puskesmas kepada masyarakat di Puskesmas Jatiluhur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas eksternal Puskesmas Jatiluhur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keunggulan komunikasi yang berperan sebagai pengelola menggunakan riset dan dialog untuk membangun komunikasi yang baik kepada publik. Metode penelitian kualitatif yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kehumasan eksternal pelayanan puskesmas di Jatiluhur didasarkan pada indikator A3: Attention, Action, Attitude. Pelayanan di Puskesmas Jatiluhur perlu dievaluasi secara berkala dari kegiatan eksternal dan perlu peningkatan sarana dan prasarana serta program yang bersentuhan dengan masyarakat sekitar.
References
A.Praditia. (2013). Pola Jaringan Sosial Pada Industri Kecil Rambut Palu Di Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Universitas Negri Yogyakarta.
Akbar, Fikri dan Evadianti, Yuli dan Asniar, I. (2021). Public Relations. Ikatan Guru Indonesia.
Effendy, O. U. (2008). Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Larissa A. Grunig, James E. Grunig, D. M. D. (2002). Excellent Public Relations and Effective Organizations: A Study of Communication Management in Three Countries. Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers, 2002.
Machfoedz, M. (2009). Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik). Ganbika.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2023 Helen Olivia, Achmad Budiman Sudarsono, Fitri Sarasati M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.