DISEMINASI INFORMASI AKUN @ABOUTTNG DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Penelitian ini mengkaji diseminasi informasi pada akun @abouttng dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat Kabupaten Tangerang, permasalahan yang terjadi di Kabupaten Tangerang yaitu akun @abouttng menjadi satu-satunya akun yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang sebagai media mencari kebutuhan informasi. Namun Akun ini pernah mengalami suatu masalah dimana akun ini di hapus oleh pihak Instagram karena adanya kesalahan dalam penyebaran informasi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses diseminasi informasi yang di lakukan oleh akun @abouttng dan juga untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan juga observasi, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan teori . Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses diseminasi informasi melalui beberapa tahap diantaranya mencari informasi, melakukan pengecekan ulang terhadap informasi, dan melakukan penyebaran informasi. untuk kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang yaitu informasi kuliner, wisata, dan harian.
References
Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi (ketiga). RajaGrafindo Persada.
Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online Sebagai Tranformasi Meda Konvensional. 10(2).
Putra, F. J. (2019). Tinjauan Terhadap Pengelolaan Akun Instagram @tangerangkota Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik.
Nuriyah, N. (2021). Diseminasi Informasi Pada Media Sosial Instagram @infokrw.
Aditya Jakti, Y. G. (2022). Layanan InformasiLayanan Informasi Berbantuan Statistik untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Covid-19 Serta Melatih Berliterasi Numerasi Berbantuan Statistik untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Covid-19 serta Melatih Berliterasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 47–64. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.741
Ashari, M. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 1. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.286
Fatkhah, U., Winoto, Y., & Siti Khadijah, U. L. (2020). Diseminasi informasi zero waste oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 49. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.26615
Handaruwati, I., & Dewi, A. M. (2021). Optimalisasi IGTV Sebagai Sarana Promosi Produk Bagi Perempuan Bekerja Korban Pemutusan Hubungan Kerja Pada Masa Pandemi Covid 19. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 98–104. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.205
Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018
Jamila, I. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Pengambilan Keputusan Perusahaan. At-Tawazun Vol. VII No 1 Mei 2019, VII(1), 36–54.
Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi.
Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Kasiyan, -. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044
Kurniasari, L., & Arfa, M. (2020). Peran Komunitas “Pustaka Sarwaga†dalam membentuk kemampuan literasi dini di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(1), 45–54. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29969
Nia, L., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia, 3(2), 489. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6393
Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers.
Widowati, D. (2020). Promosi Wisata Kuliner Khas Banten Di Media Online Sebagai Pendukung Pariwisata Banten. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.40
Nia, L., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia, 3(2), 489. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6393
Copyright (c) 2023 Asriyani Sagiyanto, Nada Rosdiana Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.