DISEMINASI INFORMASI AKUN @ABOUTTNG DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN TANGERANG

  • Asriyani Sagiyanto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nada Rosdiana Nasution Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Diseminasi, Kebutuhan Informasi, Kabupaten Tangerang

Abstract

Penelitian ini mengkaji diseminasi informasi pada akun @abouttng dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat Kabupaten Tangerang, permasalahan yang terjadi di Kabupaten Tangerang yaitu akun @abouttng menjadi satu-satunya akun yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang sebagai media mencari kebutuhan informasi. Namun Akun ini pernah mengalami suatu masalah dimana akun ini di hapus oleh pihak Instagram karena adanya kesalahan dalam penyebaran informasi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses diseminasi informasi yang di lakukan oleh akun @abouttng dan juga untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan juga observasi, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan teori . Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses diseminasi informasi melalui beberapa tahap diantaranya mencari informasi, melakukan pengecekan ulang terhadap informasi, dan melakukan penyebaran informasi. untuk kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang yaitu informasi kuliner, wisata, dan harian.

References

Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi (ketiga). RajaGrafindo Persada.

Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online Sebagai Tranformasi Meda Konvensional. 10(2).

Putra, F. J. (2019). Tinjauan Terhadap Pengelolaan Akun Instagram @tangerangkota Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik.

Nuriyah, N. (2021). Diseminasi Informasi Pada Media Sosial Instagram @infokrw.

Aditya Jakti, Y. G. (2022). Layanan InformasiLayanan Informasi Berbantuan Statistik untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Covid-19 Serta Melatih Berliterasi Numerasi Berbantuan Statistik untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Covid-19 serta Melatih Berliterasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 47–64. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.741

Ashari, M. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 1. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.286

Fatkhah, U., Winoto, Y., & Siti Khadijah, U. L. (2020). Diseminasi informasi zero waste oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 49. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.26615

Handaruwati, I., & Dewi, A. M. (2021). Optimalisasi IGTV Sebagai Sarana Promosi Produk Bagi Perempuan Bekerja Korban Pemutusan Hubungan Kerja Pada Masa Pandemi Covid 19. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 98–104. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.205

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Jamila, I. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Pengambilan Keputusan Perusahaan. At-Tawazun Vol. VII No 1 Mei 2019, VII(1), 36–54.

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi.

Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Kasiyan, -. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044

Kurniasari, L., & Arfa, M. (2020). Peran Komunitas “Pustaka Sarwaga†dalam membentuk kemampuan literasi dini di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(1), 45–54. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29969

Nia, L., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia, 3(2), 489. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6393

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers.

Widowati, D. (2020). Promosi Wisata Kuliner Khas Banten Di Media Online Sebagai Pendukung Pariwisata Banten. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.40

Nia, L., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia, 3(2), 489. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6393

Published
2023-05-20
How to Cite
Sagiyanto, A., & Nasution, N. (2023). DISEMINASI INFORMASI AKUN @ABOUTTNG DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN TANGERANG. KOMUNIKATA57, 4(1), 30-38. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.753
Section
Articles