Rasionalitas dan Altruisme Generasi Z

Authors

  • Reny Andriyanty Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/mediastima.v30i1.1207

Keywords:

Generasi Z, Rasionalitas, Altruisme, Personaliti, Informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengidentifikasi pengaruh personaliti generasi Z terhadap rasionalitas, mengidentifikasi pengaruh informasi bagi generasi Z terhadap rasionalitas, dan mengidentifikasi pengaruh rasionalitas terhadap altruisme generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel yang ditentukan secara berkebetulan.  Variabel yang dianalisis adalah personaliti, informasi, rasionalitas dan altruisme.  Seluruh konstruk  dianalisis dengan model persamaan struktural.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat hubungan langsung antara faktor personaliti dan  informasi terhadap rasionalitas generasi Z.  Terbukti bahwa ada hubungan langsung antara altruism  dengan faktor informasi dan rasionalitas.  Variabel informasi  dan personaliti melalui rasionalitas berpengaruh secara signifikan terhadap atruisme generasi Z.  Implikasi penelitian ini adalah bahwa untuk menumbuhkembangkan sikap altruisme pada generasi Z yang harus diperhatikan adalah menyediakan sumber informasi yang terpercaya, meningkatkan pendidikan yang akan mendorong tumbuhnya kerasionalan.  Hal tersebut didasarkan pada penelitian ini yang menunjukkan bahwa sikap rasional mendorong altruism.

Downloads

Published

25-04-2024

How to Cite

Andriyanty, R. (2024). Rasionalitas dan Altruisme Generasi Z. Mediastima, 30(1), 1–12. https://doi.org/10.55122/mediastima.v30i1.1207

Issue

Section

Articles
Received 2024-02-20
Accepted 2024-03-20
Published 2024-04-25