BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN TATA KELOLA DESA DAN SERVICE EXCELLENT SEBAGAI PENUNJANG PELAYANAN PUBLIK DESA TAMANSARI CIAPUS BOGOR
Abstract
Kemampuan manajemen tata kelola dan pelayanan prima atau biasa disebut Service Excellent (SE) adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam suatu organisasi, terlebih organisasi ini merupakan pelayan publik atau masyarakat, tak urung halnya dengan Kantor Desa Tamansari, Ciapus, Bogor. Pengetahuan dan kemampuan tersebut sangat diperlukan sebagai penunjang kinerja pelayanan publik di Kantor Desa setempat. Pelayanan prima dimaksud adalah pelayanan yang mudah, cepat, dan cermat sehingga masyarakat dapat nyaman dalam berinteraksi. Untuk mendapatkan pemahaman keilmuan tentang hal itu diperlukan adanya pembinaan dan pendampingan dalam mempelajarinya. Untuk itu maka dibuatlah Bimbingan Teknis yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keilmuan dan keterampilan khususnya tentang manajemen tata kelola dan pelayanan prima bagi Aparatur Desa Tamansari. Bimbingan teknis ini dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis berkaitan dengan manajemen tata kelola dan pelayanan prima. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Desa Tamansari dan diikuti oleh seluruh Aparatur Desa Tamansari, Ciapus, Bogor.
References
Aminah, S., & Sutanto, H. P. (2018). Analisis Tingkat Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor. Matra Pembaruan, 2(3), 149–160. https://doi.org/10.21787/mp.2.3.2018.149-160
Arianto, I. D. (2018). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Di Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Jombang. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 59–65. https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1216
Hootsuite (We are Social). (2022). Digital 2022 Indonesia.
Kemendes PDTT. (2022). Peringkat Nilai Rata-Rata Indeks Desa Membangun Tahun 2022. Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Mangindaan, J. V., & Manossoh, H. (2018). Kualitas Sumber Daya Manusia Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara di Kecamatan Tabukan Utara Kab. Kepulauan Sangihe. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 35–49. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lppmekososbudkum/article/view/24105
Mayowan, Y. (2016). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 10(01), 14–23. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2016.010.01.2
Nikijuluw, G. M. E., Rorong, A., & Londa, V. Y. (2020). Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). JUrnal Administrasi Publik, 6(92), 1–12. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/29464
Nursetiawan, I. (2020). Peningkatan Pelayanan Pemerintahan Desa Berbasis Smart Village. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 112–120. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/3420
Peraturan Presiden RI Nomor 95. (2018). tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kementerian Sekretariat Negara RI.
Permen Desa PDTT Nomor 2. (2016). tentang Indeks Desa Membangun.
Atep Adya Barata. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Daryanto., Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gaya Media.
Copyright (c) 2023 Zara Tania Rahmadi, Rudi Laksono, Dadan Sundara, Romli, Achmad Fauzi, Rizki Dinar Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.