PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DI USIA DINI DENGAN CERITA SAHABAT RASULULLAH ABDURRAHMAN BIN AUF PADA GURU-GURU DAN MURID DI TPA AMALIYYAH JAKARTA SELATAN
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pemahaman literasi keuangan pada masyarakat terutama anak usia dini. Peserta dalam pengabdian ini adalah anak tingkat sekolah dasar dan guru-guru yang ikut dalam pengajian TPA Amaliyah Manggarai. Cara pengenalan literasi keuangan melalui ceramah mengenai seorang tokoh sahabat yang kaya raya dan ia dapat memanfaatkan pengetahuan untuk mendapatkan kekayaan yang melimpah. Hasil ceramah ini memberikan pemahaman untuk mengatur keuangan bagi anak sekolah tersebut mereka mulai paham dalam membagi uang saku bukan hanya untuk dihabiskan melainkan untuk disimpan juga. Ketika mereka memerlukan uang tersebut maka mereka juga dapat menggunakan uang tabungan.
References
Anggarani, F. K., Maret, U. S., Setyowati, R., Maret, U. S., Satwika, P. A., & Maret, U. S. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. March. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42
Hasan, M., & Baru, G. S. (2017). Pendidikan Ekonomi Informal Dan Literasi Keuangan. Prosiding Seminar Nasional "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset, 677–680.
Lusardi, A., Michaud, P.-C., & Mitchell, O. S. (2017). Optimal financial literacy and wealth inequality. NBER Working Paper 18669, 1689–1699. http://www.nber.org/papers/w18669
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2013). The economic importance of financial literacy. Journal of Economic Literature, 52(1), 65.
Nixon, A. R. (2022). Minimnya Literasi Keuangan di Indonesia. Binus. https://communication.binus.ac.id/2022/12/16/minimnya-literasi-keuangan-di-indonesia/#:~:text=Dampak dari minimnya Literasi Finansial di Indonesia&text=Hilang nya Tujuan Hidup seseorang, uang dikarenakan investasi bodong%2Fpenipuan
Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Journal MANNERS Universitas Katolik Parahyangan, I(2), 133–137.
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. 2(2), 72–77.
OJK. (n.d.). Literasi Keuangan Bagi Usia Dini: Apa Untungnya? Retrieved July 22, 2023, from https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629
OJK. (2022). Infografis hasil Survei Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Sari, A. Y., & Sa`ida, N. (2021). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369
Setiawan, B. (2017). PELATIHAN LITERASI KEUANGAN GENERASI MILENIAL. 882–887.
Setiyowati, A., & Lailatullailaia, D. (2020). LITERASI KEUANGAN SYARIAH MELALUI MEDIA EDUKATIF UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR di SD MUHAMMADIYAH. Humanism Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22.
Suryanto, W., Febriana, H., & Irnawati, J. (2022). MEMUPUK KECAKAPAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USAI DINI. https://manajemen.unpam.ac.id/memupuk-kecakapan-literasi-keuangan-pada-anak-usai-dini/
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
Copyright (c) 2023 Andri Faisal, Misnan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.