STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM DI AREA CIBUBUR BULAK SEREH

  • Aniza Octoviani Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Afrida Sary Puspita Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Salwa Fitria Maharani Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) pada tahun 2017 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8% dari total UMKM yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 59,2 juta. Ditargetkan pada tahun 2019, 8 juta UMKM sudah go online. Pemasaran digital (digital marketing) merupakan salah satu upaya mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital, seperti halnya website dan social media. Penerapan strategi pemasaran tersebut dapat mendongkrak penjualan produk dari suatu brand karena konsumen dan calon konsumen secara cepat ditarik. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital jauh lebih murah dan efektif. Berdasarkan hasil survey Gartner’s Digital Marketing Spend Report menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif. Biaya anggaran yang dapat dihemat sampai 40%. Dengan demikian  UMKM perlu memiliki pengetahuan mengenai strategi pemasaran digital dan diharapkan UMKM dapat menerapkannya sehingga tetap kompetitif di pasar.

References

Amalia, F., Widyakto, A., & NSS, L. P. (2021). DIGITAL MARKETING STRATEGY ON AGRICULTURAL PRODUCT (Case Study: UD Amalia Demak). Economics and Business …. https://journals.usm.ac.id/index.php/ebsj/article/view/3338

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-1yGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT17&dq=%22ellis+chadwick%22&ots=XjPm8YoJ51&sig=Nqg0N_orIFpumsNeUW9V8cdoYj8

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2022). E-commerce 2021-2022: business, technology, society. thuvienso.hoasen.edu.vn. https://thuvienso.hoasen.edu.vn/handle/123456789/13024

Leli, N., Nurhadiah, N., Handayani, R. T., & ... (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai …. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/5018

Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan …. https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/view/3535

Porter, M. E., & ilustraciones Gibbs, M. (2001). Strategy and the Internet. academia.edu. https://www.academia.edu/download/30781774/strategy_and_the_internet.pdf

Prianka, S., & Sumarni, N. (2023). SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU UMKM KERUPUK DOROKDOK PAK JAJANG DI DESA PASIRAWI. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN …. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/3995

Setiyaningrum, I. F., Walyoto, S., Suryati, S., & ... (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Produk Pertanian Di Desa Purworejo, Sragen. Transformatif: Jurnal …. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/transformatif/article/view/3909

Utami, S. S. (2010). Pengaruh teknologi informasi dalam perkembangan bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/155

Widiastuti, E., & Surendra, A. (2020). Digital Marketing: Competitive Superior Strategy in the Industrial Revolution 4.0. Jurnal Mantik. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1558

www.hestanto.web.id

www.diykamera.com

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

https://www.gartner.com/en

https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/10/13/apa-sih-digital-marketing-

https://bakri.uma.ac.id/memahami-pemasaran-digital-apa-saja-jenis-jenis-dan-keunggulan-menggunakan-pemasaran-digital/

https://www.uc.ac.id/en/strategi-pemasaran-di-era-digital-untuk-meningkatkan-penjualan/

https://repository.uir.ac.id/10918/1/155210996.pdf

Published
2023-12-31
How to Cite
Octoviani, A., Puspita, A., Fatoni, A., & Maharani, S. (2023). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM DI AREA CIBUBUR BULAK SEREH. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(2), 236-242. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i2.1077

Most read articles by the same author(s)