E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI JATIWARNA KOTA BEKASI
Abstract
Pelaksanaan pelatihan e-bisnis merupakan bentuk dedikasi tim dari Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, yang memberikan masukan kepada masyarakat luas, khususnya para pelaku usaha UMKM di Jatiwarna, Bekasi. Pelatihan ini berakhir dengan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang memahami bahwa e-commerce adalah konsep yang semakin menarik bagi UMKM dan konsumen, serta masyarakat umum yang terus melakukan perdagangan dan pembelian. Alasan mengapa konsep ini sangat penting dalam implementasi UMKM adalah karena perubahan perilaku konsumen dan terbatasnya sumber daya. Dari perspektif pemasar, sumber daya yang terbatas memaksa UMKM untuk mencari cara baru dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep toko online adalah peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pedagang dalam aktivitas jual beli mereka dengan memanfaatkan teknologi.
References
Aprilita, K. (2014). Koperasi Sebagai Penggerak ekonomi Rakyat. Jurusan Ilmu administrasi negara: Universitas Lampung.
Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Komunikasi, Fakultas Ilmu Tarumanagara, Universitas, 311–324. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/9829/6623
Kirkpatrick, D. L. (1998). Evaluating Training Programs The Four Levels. San Fransisco: Berrett Koehler Publishing.
Kuala, S., Islam, A., Zawiyah, N., & Kala, C. (2020). Pengaruh kepercayaan dan minat beli masyarakat secara online. 6(1), 29– 42.
Marsadi Aras, A. N. H. (2021). Strategi Promosi Online Instagram Dan Strategi Harga Untuk Meningkatkan Minat Beli Jasa Penerbangan Air Asia Rute Jakarta - Singapura. Mediastima, 27(1), 18–38. Retrieved from Http://Ejournal-ibik57.ac.id/index.php/mediastima/article/view/210
Nurdin, A., & Rambe, D. (2020). Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. In Mediastima (Vol. 26).
Padmannavar. (2016). A Review on E-Commerce Empowering Women. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 2(8).
Siti Karlina at.all. (n.d.). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia).
Tristanto, T. A., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Muhaimin, A. (2021). AIDA Model as a Marketing Strategy to Influence Consumer Buying Interest in the Digital Age. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1996, 12575–12586.
Copyright (c) 2024 Ahmad Nurdin Hasibuan, Noerlina Anggraeni, Muphimin, Febryano Manggala Putra, M. Vieky Dwitama W.P
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.