POLA BELAJAR YANG SEHAT DI TENGAH PANDEMI COVID SISWA SMK 3 PERGURUAN CIKINI SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN

  • Triyono Adi Tristanto Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Delila Rambe Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Romli Romli Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pola Belajar, Pandemi, Siswa

Abstract

Topik Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Pola Belajar yang Sehat di Tengah Pandemi Covid disambut baik oleh siswa dan guru yang mendampingi yang diselenggarakan di Kampus IBI Kosgoro 1957 Jakarta. Hal tersebut disebabkan karena kondisi pandemi yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online sehingga anak-anak atau siswa sekolah cenderung jenuh bahkan mengalami stres belajar dan motivasi belajar yang lemah. Penggunaan gadget sebagai sarana belajar juga cenderung kurang maksimal karena siswa dapat menggunakan gadget dengan bebas di luar waktu belajar dan dimana saja. Kegiatan ini bersifat temporer. Pengabdi menyampaikan dalam bentuk penyuluhan dan tanya jawab yang dilaksanakan secara formal seperti belajar di sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Para peserta mengikuti dengan cermat materi yang diberikan dan antusias untuk bertanya sehingga siswa dapat termotivasi dan memiliki kesadaran yang tinggi dalam belajar dan menggunakan gadget sebagai sarana belajar. Faktor pendorong dalam kegiatan ini adalah secara umum anak-anak sekolah mengalami kejenuhan dalam belajar dan motivasinya lemah selama belajar daring/online karena tidak adanya interaksi langsung antara guru dan siswa dan SMK 3 Perguruan Cikini Srengseng Sawah yang merupakan sekolah kejuruan yang membutuhkan banyak praktik langsung dengan bertemu dan berinteraksi di sekolah. Faktor penghambat dalam program ini adalah waktu yang terbatas dan kondisi pandemi yang masih berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta Selatan khususnya di Srengseng Sawah yang mengharuskan pelaksanaan penyuluhan secara tatap muka harus memperhatikan protokol kesehatan dan dibatasi jumlah pesertanya.

References

David Cambelll (2003). Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta: Kanisius

Gregorius Agung (2012). Extreme Productivity 39 Cara Logis Meningkatkan Produktivitas Diri. Jakarta: Alex Media Computindo.

Herry Prasetyo (2002). ThePower Of You, Raih Keberhasilan dan Kebahagiaan Yang Sesungguhnya!. Jakarta: Alex Media Computindo

Octavia, Shilphy A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja, Januari 2020. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama).

Rizki, Lutfi Trisandi (2017). 10 Langkah Menjadi Financial Planner Untuk Diri Sendiri. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siswanto (2007). Kesehatan Mental Konsep, Cakupan Dan Perkembangan. Yogyakarta

Yaumi, Muhammad (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

https://stikesbanyuwangi.ac.id/tips-belajar-sehat-dirumah-selama-pandemi-covid-19/. Diakses Agustus 2020.

https://www.kompasiana.com/sofiyatuladawiyah/5eaabea6d541df437f46b832/peran-teknologi-pembelajaran-daring-terhadap-covid-19?page=all. Diakses Agustus 2020.

www.slideshare.net/suherlambang/stresskesehatan-dan-coping.Diakses Agustus 2020

Published
2021-12-20
How to Cite
Tristanto, T., Rambe, D., & Romli, R. (2021). POLA BELAJAR YANG SEHAT DI TENGAH PANDEMI COVID SISWA SMK 3 PERGURUAN CIKINI SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(2), 85-91. https://doi.org/10.55122/teratai.v2i2.284