PENYULUHAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN WARGA DESA CIKARAGEMAN BEKASI SOLUSI TEPAT PENERAPAN STRATEGI GREEN MARKETING USAHA LELE DITENGAH PENDEMI COVID-19
Abstract
Desa Cikarageman, Bekasi merupakan salah satu desa yang memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya ikan lele. Desa Cikarageman Bekasi menjadi salah satu mitra IBI Kosgoro 1957 untuk mengembangkan kegiatan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup di masa pandemi. Usaha budidaya lele yang sudah berjalan ini harus dikelola dengan green marketing agar dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh semua kalangan. Upaya ini baik dilakukan pada setiap siklus panen, namun dalam beberapa bulan terakhir produksi belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. Ketidaksesuaian tersebut disebabkan oleh rendahnya pemahaman masyarakat desa tentang budidaya ikan lele dengan tong di sekitar rumah, dan nilai jual yang masih rendah karena salah paham dalam meningkatkan nilai tambah ikan lele. Program kemitraan yang telah terbentuk diharapkan mampu menerapkan green marketing sehingga dapat berkelanjutan setiap tahunnya.
References
Abidin, z. (1996) ‘buku ajar “manajemen agribisnis perikananâ€, oleh: zainal abidin, s.pi, mp, m.ba program studi agribisnis perikanan, fpik, universitas brawijaya’, manajemen agribisnis perikanan, pp. 1–11. available at: https://www.academia.edu/20030666/2_manajemen_agribisnis_dan_perikanan.
A. Riska, f., primyastanto, m. and abidin, z. (2015) ‘strategi pengembangan usaha budidaya ikan lele (clarias sp.) pada usaha perseorangan âtoni makmurâ dikawasan agropolitan desa kauman kecamatan ngoro kabupaten jombang, jawa timur’, ECSOFiM: Journal of Fisheries and Marine Socioeconomics, 3(1).
Arief, Muhammad. Dkk. 2014. Pengeruh Pemberian Probiotik Berbeda Pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Ikan Lele Sangkurinag. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan. Vol 6. No. 1.
Dinas peternakan dan Perikanan Jombang. 2015. Data Produksi Ikan Lele Kabupaten Jombang Tahun 2015. Jombang.
Handoko, Hani. 2009. Manajemen. BPFE. Yogyakarta. Suyatno,Yulistyo. 2008. Penguatan Strategi Pengembangan Kawasan Agroplolitan Berbasis Peningkatan Daya Saing Produk Agribisnis Unggulan Di Kabupaten Semarang. Universitas Dipponegoro. Semarang.
Kementerian Keuangan RI. Media Keuangan Transparansi Infoemasi Informasi Kebijakan Fiskal. Media Keuang Transparansi Inf Kebijak Fiskal. 2019;XIV(144):1– 30.
Yunaz H, Hasibuan AN, Wahab D, Andriyanty R. Manajemen Penggunaan Plastik Sebagai Strategi Green Marketing Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) DI Perkampungan Wisata Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta [Internet]. Laporan Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal IBI Kosgoro 1957. 2000. Available from: http://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalarchive/jinstmet1937/8.7_338?from=CrossRef
Copyright (c) 2021 Ahmad Nurdin Hasibuan, Marsadi Aras, Oktofiani Suharli, Noor Oktavia Hermasari, Muhammad Syahrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.