MEMBANTU UMKM DALAM MEMASARKAN PRODUK DI MARKETPLACE SHOPEE DAN TOKOPEDIA

  • Nunik Yuni Pratiwi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Febiyana Febiyana Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Monica Christanti Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ajeng Dina Permatasari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Meri Siregar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Prisila Damayanty Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Dias Adi Dharma Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Djunaidy Djunaidy Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Marketplace, UMKM, Shopee, Tokopedia

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya di Marketplace Indonesia yaitu Tokopedia dan Shopee. Dikarenakan dimasa pandemi Covid-19, kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk berbelanja via digital. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan serta keahlian yang telah diperoleh di bangku kuliah dan menyebarkannya kepada masyarakat umum. Pengabdian ini dilakukan kepada UMKM JAMU yang berlokasi di Tebet, Kota Jakarta Selatan, Metode pelaksanaan dengan melakukan wawancara owner UMKM tentang informasi data-data produk, pembuatan platform e-commerce di Shopee dan Tokopedia dan memasarkan produknya. Jika pelaku UMKM dapat menjual produknya melalui Marketplace diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran tidak hanya sebatas di daerah Tebet saja tetapi dapat menjangkau sampai dengan luar daerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pelaku UMKM, serta dapat meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan pemasaran di era digital.

References

Khusnaini., Wibowo, O. 2019. Mengembangkan Pemasaran UKM Kreatif Di Tangerang Selatan Melalui Social Media Marketing. Proceding Semnas Hasil PkM Politeknik Keuangan STAN.

Pedoman-Pelaksanaan-Pengabdian-Kepada-Masyarakat Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus: Gramedia Pustaka Utama.

Sandiasa, G., dan Widnyani, I. A. P. S. (2017). Kebijakan Penguatan Lembaga Pemberdayaan dalam Meningkatkan Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat di Perdesaan.

Sari, M. E., Astiningsih, N. E., Sitorus, M., Damayanty, P., & Setiawan, I. (2020). Pendampingan pembuatan laporan keuangan pada umkm ajen fujifilm berstandar sak emkm 1). 1(2), 193–205.

http://bpka.jogjaprov.go.id

https://gits.id/blog/contoh-aplikasi-e-commerce-website/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

https://id.wikipedia.org/wiki/Jamu

Published
2021-12-23
How to Cite
Pratiwi, N., Febiyana, F., Christanti, M., Permatasari, A., Siregar, M., Damayanty, P., Dharma, D., & Djunaidy, D. (2021). MEMBANTU UMKM DALAM MEMASARKAN PRODUK DI MARKETPLACE SHOPEE DAN TOKOPEDIA. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(2), 135-142. https://doi.org/10.55122/teratai.v2i2.321