ANALISIS PERANCANGAN ELECTRONIC TOURISM SUPPLY CHAIN BERBASIS WEB DI DESA WISATA CURUG CILEMBER, DESA JOGJOGAN, CISARUA-BOGOR

  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Iwan Setyawan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Junias Robert Gultom Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Electronic Tourism Supply Chain, Website Desa, Curug Cilember

Abstract

Desa Curug 7 Cilember yang bertepatan pada Daerah Desa Jogjogan, Cisarua Bogor merupakan salah satu desa  yang berkembang dan terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Model promosi destinasi wisata yang masih konvensional tersebut harus segera ditransformasi menjadi berbasis web. Oleh karena itu, jika informasi dan promosi mengenai destinasi-destinasi wisata di Desa Curug 7 Cilember tersebut sudah berbasis website, maka masyarakat luas dapat dengan mudah mendapatkan informasinya ketika mereka searching di internet mengenai tempat wisata. Metode penelitian yang digunakan untuk  mencapai tujuan tersebut adalah dengan model pengembangan sistem air terjun (waterfall). Tahapan penelitian berdasarkan model tersebut, pertama melakukan  analisis kebutuhan yang meliputi kebutuhan user dan kebutuhan hardware dan software. Kedua, merancang atau mendesain sistem termasuk merancang struktur data, arsitektur hardware/software, dan desain antar muka. Ketiga, tahap pengkodean yang dilakukan berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Keempat, merupakan tahap pengujian yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan (error) dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan, dan terakhir adalah tahap pendukung atau pemeliharaan. Luaran dari penelitian ini berupa web desa wisata yang dibuat dengan tahapan yang didetailkan melalui artikel publikasi pada jurnal nasional terakreditasi.

References

Angellia, F., Setyawan, I., Gultom, J. R., & Laksono, R. (2023). Analisis Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Publik Desa Tamansari Bogor. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1265-1275.

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2023/2024. https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/outlook-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-20232024

BPS Kabupaten Bogor. (2023). Direktori Perusahaan Jasa Pariwisata Kabupaten Bogor 2023. https://bogorkab.bps.go.id/publication/2024/04/30/151304507e823b500ab168bd/direktori-perusahaan-jasa-pariwisata-kabupaten-bogor-2023.html

BPS Kabupaten Bogor. (2024). Kabupaten Bogor dalam Angka. https://bogorkab.bps.go.id/publication/2024/02/28/84386f87ea16ddb737175f38/kabupaten-bogor-dalam-angka-2024.html

Camilleri, M. A. (2018). The Tourism Industry: An Overview. In The Tourism Industry: An Overview. In Travel Marketing, Tourism Economics and the Airline Product (pp. 3–27). Springer Nature.

Desa Jogjogan. (2016, August). Wilayah Desa. Wilayah Desa. https://jogjogan-cisarua.desa.id/artikel/2016/8/26/wilayah-desa

Dewi, N. I. K., Siwantara, W., Astawa, I. P., & Mataram, I. G. A. B. (2019). Tourism Supply Chain Framework: A Case on Tourism Village. Proceedings of the International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019). https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.17

FaladeObalade, T. A., & Dubey, S. (2014). Managing Tourism as a source of Revenue and Foreign direct investment inflow in a developing Country: The Jordanian Experience. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 3(3). https://doi.org/10.6007/IJAREMS/v3-i3/901

Fatoni, A., Setyawan, I., & Pirmansyah, I. (2023). Dampak E-commerce terhadap Munculnya Kreativitas Berwirausaha dan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Muslimah Majelis Taqorrub Ilallah (MTI) Bekasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 145–150. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3071

Fong, V. H. I., Hong, J. F. L., & Wong, I. A. (2021). The evolution of triadic relationships in a tourism supply chain through coopetition. Tourism Management, 84, 104274. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104274

Ling, R. (2015). A review of Tourism Supply Chain based on the Perspective of Sustainable Development. Journal of Economics and Sustainable Development, 6(22), 128–132. https://iiste.org/Journals/index.php/JEDS/article/view/27356

Partale, K. (2020). The tourism value chain: Analysis and practical approaches for development cooperation projects. Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. https://www.switch-asia.eu/site/assets/files/2460/giz_tourism_value_chains_en.pdf

Rusmana, A. W., & Setyawan, I. (2021). Pengaruh Integrasi Supply Chain terhadap Kinerja Supply Chain. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 67–76. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/329

Setyawan, I., Fatoni, A., Angellia, F., Purwandari, N., & Yulianto, K. I. (2022). Village websites as promotional media for tourist destinations in Sukajadi Village, Tamansari, Bogor. Community Empowerment, 7(3), 523–530. https://doi.org/10.31603/ce.6375

Published
2024-10-04