PENERAPAN WEBSITE DENGAN KONSEP ELECTRONIC TOURISM SUPPLY CHAIN DI DESA WISATA CURUG CILEMBER, DESA JOGJOGAN, CISARUA-BOGOR

  • Junias Robert Gultom Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Iwan Setyawan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Rudi Laksono Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Romli Romli Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Electronic Tourism Supply Chain, Website Desa, Curug Cilember

Abstract

Tujuan: Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM di Desa Wisata Curug Cilember Desa Jogjogan, Cisarua, Bogor dalam mentransformasi dari kegiatan usaha secara konvensional ke digital. Metode: Program abdimas ini dilaksanakan melalui metode sosialisasi dan bimbingan teknis. Sosialisasi ditujukan bagi pelaku usaha agar menyadari pentingnya menguasai teknologi digital, sedangkan bimbingan teknis ditujukan bagi BUMDes sebagai Admin yang akan mengelola website. Kegiatan abdimas ini diawali dengan analisa kebutuhan pelaku usaha dan BUMDes terkait desain dan fitur-fitur yang dibutuhkan dalam website untuk memfasilitasi pelaku usaha dan BUMDes dalam mengelola pelaku usahan dan mengembangkan usahanya. Selanjutnya, setelah website selesai, kemudian diberikan penguatan pentingnya website bagi pelaku usaha dan bimbingan teknis bagi admin sebagai operator website. Hasil: Hasil dari abdimas ini berupa sebuah website dengan konsep the electronic tourism supply chain dan peningkatan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya mentransformasikan diri dari konvensional ke digital serta tata kelola UMKM oleh BUMDes. Kesimpulan: Melalui website, pelaku-pelaku usaha dari berbagai bidang usaha dapat diintegrasikan dan saling melengkapi dalam sebuah rantai pasok dari hulu ke hilir dalam meningkatkan pelayanan kepada pengunjung wisata di Curug Cilember.

References

Angellia, F., Setyawan, I., Gultom, J. R., & Laksono, R. (2023). Analisis Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Publik Desa Tamansari Bogor. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1265-1275.

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2023/2024. https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/outlook-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-20232024

BPS Kabupaten Bogor. (2023). Direktori Perusahaan Jasa Pariwisata Kabupaten Bogor 2023. https://bogorkab.bps.go.id/publication/2024/04/30/151304507e823b500ab168bd/direktori-perusahaan-jasa-pariwisata-kabupaten-bogor-2023.html

BPS Kabupaten Bogor. (2024). Kabupaten Bogor dalam Angka. https://bogorkab.bps.go.id/publication/2024/02/28/84386f87ea16ddb737175f38/kabupaten-bogor-dalam-angka-2024.html

Camilleri, M. A. (2018). The Tourism Industry: An Overview. In The Tourism Industry: An Overview. In Travel Marketing, Tourism Economics and the Airline Product (pp. 3–27). Springer Nature.

Desa Jogjogan. (2016, August). Wilayah Desa. Wilayah Desa. https://jogjogan-cisarua.desa.id/artikel/2016/8/26/wilayah-desa

Dewi, N. I. K., Siwantara, W., Astawa, I. P., & Mataram, I. G. A. B. (2019). Tourism Supply Chain Framework: A Case on Tourism Village. Proceedings of the International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019). https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.17

FaladeObalade, T. A., & Dubey, S. (2014). Managing Tourism as a source of Revenue and Foreign direct investment inflow in a developing Country: The Jordanian Experience. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 3(3). https://doi.org/10.6007/IJAREMS/v3-i3/901

Fatoni, A., Setyawan, I., & Pirmansyah, I. (2023). Dampak E-commerce terhadap Munculnya Kreativitas Berwirausaha dan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Muslimah Majelis Taqorrub Ilallah (MTI) Bekasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 145–150. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3071

Fong, V. H. I., Hong, J. F. L., & Wong, I. A. (2021). The evolution of triadic relationships in a tourism supply chain through coopetition. Tourism Management, 84, 104274. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104274

Ling, R. (2015). A review of Tourism Supply Chain based on the Perspective of Sustainable Development. Journal of Economics and Sustainable Development, 6(22), 128–132. https://iiste.org/Journals/index.php/JEDS/article/view/27356

Partale, K. (2020). The tourism value chain: Analysis and practical approaches for development cooperation projects. Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. https://www.switch-asia.eu/site/assets/files/2460/giz_tourism_value_chains_en.pdf

Rusmana, A. W., & Setyawan, I. (2021). Pengaruh Integrasi Supply Chain terhadap Kinerja Supply Chain. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 67–76. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/329

Setyawan, I., Fatoni, A., Angellia, F., Purwandari, N., & Yulianto, K. I. (2022). Village websites as promotional media for tourist destinations in Sukajadi Village, Tamansari, Bogor. Community Empowerment, 7(3), 523–530. https://doi.org/10.31603/ce.6375

Published
2024-12-10
How to Cite
Gultom, J., Setyawan, I., Angellia, F., Laksono, R., & Romli, R. (2024). PENERAPAN WEBSITE DENGAN KONSEP ELECTRONIC TOURISM SUPPLY CHAIN DI DESA WISATA CURUG CILEMBER, DESA JOGJOGAN, CISARUA-BOGOR. Jurnal Pengabdian Teratai, 5(2), 67-73. https://doi.org/10.55122/teratai.v5i2.1400