BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN STRATEGI UMKM BERBASIS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN MENTAL TECHNOPRENEUR DI DAERAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN
Abstract
Teknologi Informasi sekarang berkembang dengan pesat dan juga cepat untuk mendukung kualitas kerja seluruh bidang kegiatan. Implementasi teknologi adalah mempermudah serta meminimalisir waktu kerja antara lain website, media sosial, OA (Office Automation), dan teknologi lainnya. Teknologi komputerisasi mencakup software dan hardware yang melakukan tugas yang diinginkan user. Berbicara mengenai teknologi saat ini, dapat diungkapkan bahwa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang merupakan khazanah ekonomi yang merujuk pada kegiatan ekonomi produktif adalah pengguna teknologi. Penggunaan teknologi yang mendukung kinerja dan pengembangan UMKM ini sangat erat dikaitkan dengan istilah technoprenueur. Peningkatan kapasitas bisnis UMKM di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan dapat melalui penggunaan dan pemanfaatan marketplace. Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sesuai dan dapat digunakan adalah bimbingan teknis sebagai strategi utama. Hasil yang dicapai adalah pengetahuan dan peningkatan kemampuan praktis target sasaran dalam menggunakan dan memanfaatkan marketplace untuk menunjang kegiatan pemasaran.
References
Sudirman, A. (Acai ), Alaydrus, S. (Syafika), Rosmayati, S. (Siti), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Nugroho, L. (Lucky), Arifudin, O. (Opan), … Rijal, K. (Khairul). (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from www.penerbitwidina.comIndonesia), A. (Asosiasi P. I. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.
Triton PB. 2006. Mengenal Dunia E-Commerce dan Bisnis di Dunia Cyber. Yogyakarta: Argo Publisher
Apriyadi, Deni dkk. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2 ISSN: 2580- 0760
Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis (Politeknik Negeri Sriwijaya). Edisi ke IV ISSN: 2085-1375.
Sukwadi, Ronald dkk. 2016. Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Jurnal Metris (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya). ISSN: 1411-3287 Taryadi dkk. 2015. Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketpalce UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Vol. 8
Copyright (c) 2022 Filda Angellia, Waskita Cahya, Ghanistantiono Dwi H
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.