DIGITALISASI DAN AKSES PASAR UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING GREEN UMKM DI CIAPUS BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1722Keywords:
Digitalisasi,, Green UMKM,, akses pasar,, daya saing,, Desa Ciapus BogorAbstract
Digitalisasi telah menjadi kunci dalam meningkatkan daya saing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di sektor usaha berbasis ramah lingkungan atau Green UMKM. PKM ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan digitalisasi dalam meningkatkan akses pasar bagi Green UMKM di Desa Ciapus. Melalui penerapan teknologi digital, Green UMKM mampu memperluas jangkauan pasar sekaligus mempromosikan produk - produk berkelanjutan yang mereka hasilkan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam PKM ini, melalui kegiatan pelatihan dan wawancara mendalam dengan pelaku UMKM, analisis dokumentasi, serta observasi lapangan. Hasil PKM menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi mampu meningkatkan efisiensi operasional, memperluas pasar ke tingkat regional dan nasional, serta meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Namun, hambatan seperti kurangnya literasi digital, keterbatasan akses infrastruktur internet, dan kendala modal menjadi tantangan utama. PKM ini merekomendasikan kolaborasi antara pemerintah, komunitas lokal, dan lembaga pelatihan untuk memberikan pendampingan digitalisasi dan akses pasar yang berkelanjutan bagi Green UMKM. Dengan pendekatan yang tepat, digitalisasi dapat menjadi alat transformasi yang efektif untuk meningkatkan daya saing Green UMKM di Desa Ciapus, Bogor, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berbasis keberlanjutan
References
Andriyanty, R., Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Penerapan Model Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. 1(1), 1–17. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/18
Aprilita, K. (2014). Koperasi Sebagai Penggerak ekonomi Rakyat. Jurusan Ilmu administrasi negara: Universitas Lampung.
Hasibuan, A. N., Suharli, O., & Andriyanty, R. (2022). Analisis positioning pemetaan marketplace berdasarkan persepsi konsumen di jakarta selatan. Jurnal ekobis: ekonomi, bisnis & manajemen, 12(1), 33–56. Retrieved from http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis/article/view/446/351
Hasibuan, A. N., Suharli, O., Hermasari, O., & Syahrul, M. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Warga Desa Cikarageman Bekasi Solusi Tepat Penerapan Strategi Green Marketing Usaha Lele Ditengah Pendemi Covid-19. Teratai, 2(2), 124–134. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/312
Marsadi Aras, A. N. H. (2021). Strategi Promosi Online Instagram Dan Strategi Harga Untuk Meningkatkan Minat Beli Jasa Penerbangan Air Asia Rute Jakarta - Singapura. Mediastima, 27(1), 18–38. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/mediastima/article/view/210
Nurdin, A., & Rambe, D. (2020). Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. In Mediastima (Vol. 26).
Padmannavar. (2016). A Review on E-Commerce Empowering Women. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 2(8).
Siti Karlina at.all. (n.d.). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia).
Tristanto, T. A., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Muhaimin, A. (2021). AIDA Model as a Marketing Strategy to Influence Consumer Buying Interest in the Digital Age. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1996, 12575–12586.
Yunaz, H., Hasibuan, A. N., Wahab, D., & Andriyanty, R. (2021). Pengurangan Penggunaan Plastik Pada UMKM Perkampungan Wisata Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta. Dinamisia, 5(4), 805–814. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/5214
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ahmad nurdin hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Accepted 2025-10-14
Published 2025-10-14






