DIGITALISASI DAN AKSES PASAR UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING GREEN UMKM DI CIAPUS BOGOR

Authors

  • Rambe Kamarul Zaman Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ahmad Nurdin Hasibuan hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Noerlina Anggraeni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ardin Muhammad Duhari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Rizky Putra Perdana Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Herni Pujiati Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1722

Keywords:

Digitalisasi,, Green UMKM,, akses pasar,, daya saing,, Desa Ciapus Bogor

Abstract

Digitalisasi telah menjadi kunci dalam meningkatkan daya saing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di sektor usaha berbasis ramah lingkungan atau Green UMKM. PKM ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan digitalisasi dalam meningkatkan akses pasar bagi Green UMKM di Desa Ciapus. Melalui penerapan teknologi digital, Green UMKM mampu memperluas jangkauan pasar sekaligus mempromosikan produk - produk berkelanjutan yang mereka hasilkan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam PKM ini, melalui kegiatan pelatihan dan wawancara mendalam dengan pelaku UMKM, analisis dokumentasi, serta observasi lapangan. Hasil PKM menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi mampu meningkatkan efisiensi operasional, memperluas pasar ke tingkat regional dan nasional, serta meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Namun, hambatan seperti kurangnya literasi digital, keterbatasan akses infrastruktur internet, dan kendala modal menjadi tantangan utama. PKM ini merekomendasikan kolaborasi antara pemerintah, komunitas lokal, dan lembaga pelatihan untuk memberikan pendampingan digitalisasi dan akses pasar yang berkelanjutan bagi Green UMKM. Dengan pendekatan yang tepat, digitalisasi dapat menjadi alat transformasi yang efektif untuk meningkatkan daya saing Green UMKM di Desa Ciapus, Bogor, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berbasis keberlanjutan

References

Andriyanty, R., Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Penerapan Model Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. 1(1), 1–17. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/18

Aprilita, K. (2014). Koperasi Sebagai Penggerak ekonomi Rakyat. Jurusan Ilmu administrasi negara: Universitas Lampung.

Hasibuan, A. N., Suharli, O., & Andriyanty, R. (2022). Analisis positioning pemetaan marketplace berdasarkan persepsi konsumen di jakarta selatan. Jurnal ekobis: ekonomi, bisnis & manajemen, 12(1), 33–56. Retrieved from http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis/article/view/446/351

Hasibuan, A. N., Suharli, O., Hermasari, O., & Syahrul, M. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Warga Desa Cikarageman Bekasi Solusi Tepat Penerapan Strategi Green Marketing Usaha Lele Ditengah Pendemi Covid-19. Teratai, 2(2), 124–134. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/312

Marsadi Aras, A. N. H. (2021). Strategi Promosi Online Instagram Dan Strategi Harga Untuk Meningkatkan Minat Beli Jasa Penerbangan Air Asia Rute Jakarta - Singapura. Mediastima, 27(1), 18–38. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/mediastima/article/view/210

Nurdin, A., & Rambe, D. (2020). Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. In Mediastima (Vol. 26).

Padmannavar. (2016). A Review on E-Commerce Empowering Women. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 2(8).

Siti Karlina at.all. (n.d.). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia).

Tristanto, T. A., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Muhaimin, A. (2021). AIDA Model as a Marketing Strategy to Influence Consumer Buying Interest in the Digital Age. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1996, 12575–12586.

Yunaz, H., Hasibuan, A. N., Wahab, D., & Andriyanty, R. (2021). Pengurangan Penggunaan Plastik Pada UMKM Perkampungan Wisata Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta. Dinamisia, 5(4), 805–814. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/5214

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Rambe Kamarul Zaman, hasibuan, A. N. H., Noerlina Anggraeni, Ardin Muhammad Duhari, Rizky Putra Perdana, & Herni Pujiati. (2025). DIGITALISASI DAN AKSES PASAR UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING GREEN UMKM DI CIAPUS BOGOR. Jurnal Pengabdian Teratai, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1722
Received 2025-10-02
Accepted 2025-10-14
Published 2025-10-14