PELATIHAN OPTIMALISASI PELUANG DAN PENGEMBANGAN USAHA BAGI KOMUNITAS LADAZA BERBASIS DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1751Keywords:
Optimalisasi, Digital, LadazaAbstract
Optimalisasi peluang dan pengembangan usaha berbasis digital menjadi sangat penting di era digital saat ini. Pemerintah mendorong bekembangnya UMKM di Indonesia karena UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, menjadi alat bantu penopang perekonomian. Salah satu yang menjadi kendala UMKM adalah banyaknya produk sejenis yang dijual sehingga UMKM harus memiliki strategi dalam mempertahankan konsumennya. Transformasi digital tidak hanya mempengaruhi cara kita berkomunikasi, tetapi juga cara kita menjalankan bisnis. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan mengoptimalisasikan peluang dan pengembangan usaha pada komunitas Ladaza berbasis digital.
References
Akbar, M.A,. dan Alam, N.A. 2020. E-Commerce Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Hanim, L. (2018). Noorman. UMKM & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unnisula Press.
Kotler, A., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Global Edition. England. Pearson Education Limited
Kotler, P., Amstrong, G., & Opresnik, M. (2018). Principles of marketing (17 ed.). New York: Pearson International
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16eth ed.). Pearson Education©. https://online ….
Malau, H. (2020). the 4P’S Marketing Mix Variables: an Assessment of Concept, Applicability and Impact on Organizational Goal From West Java’S Business Organizations. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis. https://jurnal.unai.edu/index.php/jtimb/article/view/2305
Putri, Jefri .N, dkk (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: NEM
Setiyaningrum, I. F., Walyoto, S., Suryati, S., & ... (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Produk Pertanian Di Desa Purworejo, Sragen. Transformatif: Jurnal …. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/transformatif/article/view/3909
Utami, Tini, dkk (2024). Bisnis Digital. Sonpedia: 2024
Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan ….
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afrida Sary Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Accepted 2025-10-14
Published 2025-10-14






