PELATIHAN OPTIMALISASI PELUANG DAN PENGEMBANGAN USAHA BAGI KOMUNITAS LADAZA BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Afrida Sary Puspita IBIK-57
  • Aniza Octoviani Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Noerlina Anggraeni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ananda Ishmahrani Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1751

Keywords:

Optimalisasi, Digital, Ladaza

Abstract

Optimalisasi peluang dan pengembangan usaha berbasis digital menjadi sangat penting di era digital saat ini. Pemerintah mendorong bekembangnya UMKM di Indonesia karena UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, menjadi alat bantu penopang perekonomian. Salah satu yang menjadi kendala UMKM adalah banyaknya produk sejenis yang dijual sehingga UMKM harus memiliki strategi dalam mempertahankan konsumennya. Transformasi digital tidak hanya mempengaruhi cara kita berkomunikasi, tetapi juga cara kita menjalankan bisnis. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan mengoptimalisasikan peluang dan pengembangan usaha pada komunitas Ladaza berbasis digital.

References

Akbar, M.A,. dan Alam, N.A. 2020. E-Commerce Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Hanim, L. (2018). Noorman. UMKM & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unnisula Press.

Kotler, A., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Global Edition. England. Pearson Education Limited

Kotler, P., Amstrong, G., & Opresnik, M. (2018). Principles of marketing (17 ed.). New York: Pearson International

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16eth ed.). Pearson Education©. https://online ….

Malau, H. (2020). the 4P’S Marketing Mix Variables: an Assessment of Concept, Applicability and Impact on Organizational Goal From West Java’S Business Organizations. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis. https://jurnal.unai.edu/index.php/jtimb/article/view/2305

Putri, Jefri .N, dkk (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: NEM

Setiyaningrum, I. F., Walyoto, S., Suryati, S., & ... (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Produk Pertanian Di Desa Purworejo, Sragen. Transformatif: Jurnal …. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/transformatif/article/view/3909

Utami, Tini, dkk (2024). Bisnis Digital. Sonpedia: 2024

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan ….

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Puspita, A. S., Aniza Octoviani, Filda Angellia, Noerlina Anggraeni, Aris Fatoni, & Ananda Ishmahrani. (2025). PELATIHAN OPTIMALISASI PELUANG DAN PENGEMBANGAN USAHA BAGI KOMUNITAS LADAZA BERBASIS DIGITAL. Jurnal Pengabdian Teratai, 6(1), 32–36. https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1751
Received 2025-10-09
Accepted 2025-10-14
Published 2025-10-14

Most read articles by the same author(s)