BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA UMKM DI DAERAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.55122/teratai.v3i2.616Keywords:
Vlog, Bisnis, Teknologi, Social Media, UMKMAbstract
Kemajuan teknologi informasi menyebabkan perubahan iklim bisnis yang sangat drastis. Penerapan teknologi merupakan upaya untuk memberi jalan kemudahan dan mengurangi waktu yang digunakan dalam operasional bisnis. Teknologi Informasi dan komunikasi yang merupakan media pendukung bisnis yang terdiri dari hardware dan software membutuhkan kecakapan penggunanya dalam pemanfaatan media tersebu. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang merupakan komponen ekonomi saat ini turut andil dalam membangun perekonomian melalui kegiatan ekonomi produktif melalui penggunaan teknologi yang ada. Peningkatan kapasitas bisnis UMKM di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan dapat melalui penggunaan dan pemanfaatan sosial media. Kegiatan (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat yang dapat mendukung para pelaku UMKM adalah berupa bimbingan teknis pada para pelaku UMKM untuk membangun strategi bisnis. Hasil yang sangat diharapkan pada kegiatan ini berupa keilmuan yang akan meningkatkan knowledge dan skill dalam memanfaatkan social media marketing yang menunjang pemasaran dan penjualan.